Para finalis yang terpilih

Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kembali meraih juara nasional meskipun belum berhasil meraih peringkat 1 dan hanya runer 2/ peringkat 5 nasional dalam ajang finalis Desa BRIlian kemarin, tetapi merasa bangga sudah naik Podium saat penganugerahan bagi para pemenang finalis di acara puncak ‘Pagelaran Desa BriLian Indonesia’ yang dapat disaksikan melalui live streaming di detikcom,CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia pada Selasa 14 Desember 2021 pukul 19.00 WIB.

Yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Kementerian  Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Yang kegiatan kali ini dilaksanakan secara langsung pada 13-14 Desember  2021 di the Sultan Hotel and residen Jakarta,

Pada ajang finalis Desa BRIlian di the Sultan Hotel and residen Jakarta ini awalnya sangat  menegangkan yaitu pada saat menunggu penentuan 5 besar Finalis  dari 1.125 Desa BRILian, kemudian terpilih 50 desa yang selanjutnya menjadi 16 Desa BRILian yang telah lulus memenuhi kreteria, Ibu Herni Yulaekha (Koordinator UMKM yang bermitra dengan BUMDes) mengatakan,” Mungkinkah kita masuk 5 besar ?.tetapi kehawatiran itu hilang setelah mendapatkan support dari teman-teman desa,warga desa terutama Kepala Desa beserta ibu yang mengikuti dengan cara Nobar(nonton bareng) saat berlangsung acara puncak ‘Pagelaran Desa BriLian Indonesia’tesebut dari rumah masing-masing.

Persiapan menghadapi sesi tanya jawab.

Selain hasil penilaian ditentukan oleh tim juri ternyata juga dilakukan sesi tanya jawab dan penilaian secara voting, maka finalis asal desa bhuana jaya ini merasa Optimis  semangat bangkit  kembali berkat Rahmat Allah Tuhan yang maha kuasa dan didorong dengan keinginan yang luhur demi desa, tibalah saat dipanggil nama Suwondo dari Desa Bhuana Jaya, terharu seluruh warga desa yang pada malam itu semua yang ikut  ikut nobar merasa bangga dan sangat bahagia.

Dalam masa pandemi ini Bapak Suwondo,SE,SH telah mengajarkan banyak hal bagi masyarakat desa bhuana jaya pada umumnya salah satunya cara budidaya ternak kelulut dan yang utama yang disampaikan untuk literasi keuangan tentunya era sekarang adalah era Milenial hampir semua pegang androit hampir semua orang belanja online melalui Tokopedia dll untuk meningkatkan perekonomian warga melalui digitalisasi menyebutkan timnya beserta perangkat desa mengajari warga bagaimana untuk melapak di bukalapak, di tokopedia dll, termasuk membuat toko online yang gratis, begitulah cara kami desa Smeningkatkan perekonomian warga desa, Ujar Suwondo ‘saat memberikan jawaban dari pertanyaan dari sebut bapak tim juri yang berasal dari OJK/Otoritas Jasa keuangan di sesi tanya jawab dalam rangkaian acara malam acara puncak tersebut.

Sedang di dalam hal kegiatan tersebut seharusnya Kepala Desa Bp.Frend Effendy yang berangkat. Tetapi karena adanya kegiatan yang bersamaan dan tidak dapat ditinggalkan. maka sebagai perwakilan demi lancarnya semua jalannya kegiatan. Maka Kepala Desa Bhuana Jaya meminta harus ada yang siap berangkat untuk bisa menghadiri dan mengikuti lomba ajang finalis Desa BRIlian di the Sultan Hotel and residen Jakarta,

Lebih dari itu Bspsk Frend Effendy membrikan apresiasi sebangai penyemangat dan [esan singkat agar selama perjalanan agar tetap mematuhi prokes dan saling bekersama satu tim,Ujar Frend Effendy.

Dari kiri Rita, dan Herni Yulaekha,dan              Suwondo,SE,SH dan Asep Widianto

Utusan dihadiri oleh Suwondo,SE,SH sebagai (Sekretaris Desa) dan didampingi oleh Herni Yulaekha dari (BUMN Desa Bhuana Jaya) dan Asep Widianto sebagai (ketua Unit Pertanian dan Perternakan) dan Rita Sebagai Mantri Desa Bhuana Jaya.

kunjungi You Tube kami di https://youtu.be/E-dQPjVTLN8

0 Shares