+6281350381580

pemdes@bhuanajaya.desa.id

Hallo semuanya, bagaimana kabarnya….. ?

Semoga semuanya sehat selalu…. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan, dengan cara makan-makanan yang sehat serta beraktivitas yang menyehatkan.

Kita ketemu lagi nich, Semoga tidak bosan dengan kami ya.

Yaps seperti biasa kami dari KIM BANGKIT JAYA Desa Bhuana Jaya, ingin shering-shering mengenai hal-hal yang ada di Desa. Kali ini kami kedatangan tamu dari KIM Selerong, DISKOMINFO, serta kami kedatangan Jurnalis yaitu : Muhammad Budi Kurniawan, Fairuz Al Husein, Awwaluddin Jalil Js, dan Riani. Beliau-beliau ini adalah Jurnalis dari detik.com, PKTV, Liputan6 dan NetTV.

Kita harus bangga akan kedatangan tamu-tamu yang super-super wuah ini. Dengan ini semoga desa kita dapat lebih maju dan di kenal oleh dunia, jadi mari kita budidayakan saling sher informasi ini.

‘ Baiklah kita akan langsung ke Inti dari berita ini ya, 1,2,3 Gooo ‘

Kali ini kami mengunjungi suatu tempat yang di mana lokasi ini terdapat banyak sekali sesuatu yang manis-manisnya begitu menyehatkan, dimanakah itu ?. apakah ada yang mengetahuinya ?. Yaaps mungkin ada beberapa yang mengetahuinya ya. Kami berada di tempat Ternakan Madu Kelulut, Bapak Suwondo,S.E.,S.H., beliau ini membangun ternakan lebah kelulut mulai dari tahun 2016 hingga saat ini, perkembangan dalam ternakan madu kelulut beliau semakin berkembang pesat, mungkin jika ada yang penasaran tentang beliau silahkan buka di google, dengan kata kunci ” ternak lebah kelulut desa bhuana jaya “.

yaa jika para pembaca suka dengan artikel ini , kami akan mencoba untuk membuatkan, STORY Bapak suwondo dalam memulai ternakan lebah kelulut, silahkan request di komentar ya….. Mari saling berinteraksi.

Apa saja sih yang kami lakukan di sana ?

Kami di sana melakukan pelatihan/pembelajaran mengenai jenis lebah kelulut, cara ternakan yang benar, manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh lebah kelulut, serta proses perpindahan lebah kelulut dan juga cara menjebak lebah kelulut di alam, yang kemungkinan ada lebah kelulut yang berkeliaran.

Apa saja sih jenis-jenis kelulut ?

Jenis lebah kelulut itu sangat banyak seperti : GenioTrigona, HeteroTrigona, HomoTrigona, LepidoTrigona, LisoTrigona, LophoTrigona dll.

Kali ini akan di isi oleh lebah kelulut Trigona atau lebih dikenal dengan sebutan kelulut/Klanceng, Kelulut yang memiliki nama lain Trigona [Trigona sp.] ini, merupakan lebah tanpa sengat

Lalu Bagaiamana Cara Budidaya Lebah Madu Trigona Bagi Pemula

1. Mendapatkan koloni induk

Langkah pertama budidaya lebah madu trigona yang pertama adalah dengan mendapatkan koloni induk dengan mencarinya di hutan atau sekitar kebun. Biasanya tempat tinggal koloni adalah di pohon atau bambu yang berlubang dan berongga. Biasanya ukuran lubangnya sekitar 1 hingga 2 cm dan di sekelilingnya terdapat getah kering berwarna coklat kehitaman.

2. Pemindahan koloni lebah trigona

Setelah mendapatkan koloni induk lebah yang berasal dari alam, cara budidaya lebah madu trigona selanjutnya adalah memindahkannya ke stup atau kotak tempat yang sudah disediakan. memindahkan koloni ke sarang baru dengan membelah bilah bambu atau batang pohon sebelumnya. Lakukan dengan perlahan agar isinya yang berupa ratu, koloni dan telur dalam keadaan aman.

Setelah dipindahkan,tutuplah stup dengan mengoleskan bekas getah propolis dari sarang lama ke sarang yang baru. Lakukan hal ini di bagian yang digunakan keluar masuk agar para lebah pekerja mengenali sarang barunya.

4. Pemilihan tempat budidaya

Untuk memilih tempat budidaya, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Yang utama, pilihlah daerah yang sumber pakannya memadai. Daerah yang direkomendasikan terdapat jenis bunga atau tanaman yang menghasilkan nektar dan juga serbuk sari yang cukup. jadi jika bisa buatlah taman bunga.

5. Pemeliharaan

Cara budidaya lebah madu trigona tidak lepas dari tata cara pemeliharaan. Beberapa cara yang harus dilakukan adalah membersihkan stup dan lingkungan dari kotoran agar tidak ada yang mengganggu lebah. Selanjutnya, jagalah lebah madu trigona dari berbagai gangguan serangga seperti tawon liar, laba-laba atau semut.

Lakukan pengecekan koloni lebah 2 minggu sekali atau sebulan sekali agar terpantau kesehatan dan perkembangannya.

6. Pemanenan

Waktu pemanenan yang ideal adalah sekitar setiap 3 bulan. Saat akan melakukan pemanenan, gunakan peralatan yang bersih tanpa memeras dan pastikan lebah ratunya tidak terganggu atau terangkat.

Jangan ambil semua sarang yang berisi madu karena akan digunakan sebagai cadangan makanan untuk koloni lebah.

Nah itu adalah cara dalam membuat ternakan lebah madu kelulut. Jika merasa kesusahan dan ingin mencoba bagaimana sih rasa madu lebah kelulut tu. kalian dapat memesan di

” Online shop MADU KELULUT BHUANA JAYA dengan klik link ini: “

https://tokko.io/madukelulutbhuanajaya

 

 

 

 

 

Baiklah mungkin sampai sini dulu berita yang kami sampaikan, baiklah terimakasih telah membaca info dari kami dan nantikan video kegiatan kami !!!, sampai ketemu lagi di berita selanjutnya, nantikan ya!!!

Silahkan kunjungi web KIM BANGKIT JAYA kami, diiiii LINK BAWAH ini, silahkan baca2 cerita kami

slot thailand

zeus slot

gacor x500

slot 5000

slot garansi kekalahan 100

joker123

idn slot

idn slot

idn slot

nexus slot

nexus slot

zeus slot

nexus slot

slot qris

slot rusia

slot vietnam

judi slot triofus

garansi kekalahan 100

slot qris

slot qris

slot qris

https://sinaboi.desa.id/wp-includes/depo25-bonus25/

https://cafeadobro.ro/

https://www.dreamwavehotel.com/

https://maisqueauga.com/