Segera lounching smart village Bungajadi

Desa Bunga Jadi adalah Desa Dikecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara, di Kecamatan Muara Kaman ini ada 20 Desa salah satunya adalah Desa Bungajadi, sesuai dengan namanya ibarat bunga yang terdiri dari serbuksari dan putik terjadi penyerbukan sempurna jadilah buah HARAPAN, layaknya Desa Bungajadi. siapakah yang paling berperan dalam pembangunan desa yang berjarak puluhan kilometer sekitar 80,1 Km dari Kotaraja Tenggarong dengan waktu tempuh 2 jam 36 menit. Beliau adalah Bapak ISMIT kepala Desa yang sangat inspiratif dan inovatif serta piawai dalam mencarikan solusi bagi pembangunan desanya, bahkan beliau sudah puas makan asam garam perjalanan Pemerintahan Desa lebih dari 20 Tahun mengabdikan diri sebagai Kepala Desa, sangat luar biasa dukungan masyarakat terhadap kepiawaiannya menjadikan Bapak Ismit selalu dihati masyarakatnya.

Paska disahkannya UU Desa No.6 Tahun 2014 banyak sekali membawa perubahan bagi desa desa yang cerdas dalam mengelola Anggaran bahkan Tahun 2022 Desa desa diberi keleluasaan dalam mengembangkan Desa Digital sesuai dengan Permendes PDTT No. 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022 seperti diuraikan dalam Pedoman Umum Pelaksanaan Penggunaan Dana Desa tahun 2022 Bab.II huruf C. Program Prioritas Nasional sesuai Kewenangan Desa diantaranya dalam huruf 3 Pengelolaan teknologi, informasi dan komunikasi ( TIK ).

Dengan dasar tersebut diatas Bapak Ismit menjemput asa dan insyaAlloh bulan Januari hari ke 6 Tahun 2022 melaunching Desa digital dan Desa cerdas IT, dengan membuat Anjungan layanan mandiri yang ditempatkan di kantor Desa dan tentunya juga ditempat tempat publik sebagai layanan administrasi surat menyurat yang dibutuhkan warga. intinya tak perlu repot-repot dan tak pakai lama sepanjang memiliki NIK Desa Bungajadi tinggal masukan digit tersebut pilih layanan lansung cetak, cepat tepat dan cerdas bungajadi makin smart.

Beberapa waktu lalu diruang rapat Sekda Kukar Kepala DPMDKukar meminta kesiapan persetujuan dari 10 Desa diKabupaten Kutai Kartanegara untuk mengikuti program desa smart dari Kementrian Desa PDTT yang bekerjasama dengan BAKTI Kominfo, salah satunya adalah Desa BUNGAJADI Kecamatan Muara Kaman, ( Di Desa Kita Bisa salam dari www.bhuanajaya.desa.id)

0 Shares