+6281350381580

pemdes@bhuanajaya.desa.id

Also read:
Teknologi Pertanian di Desa: Meningkatkan Produksi dan Kesejahteraan Petani
Pemuda dan Pertanian Desa

gambar pengembangan agrowisata di desa

Agrowisata merupakan salah satu bentuk wisata alam yang semakin berkembang pesat di banyak daerah di Indonesia. Menjelajah ke alam bebas dan menikmati keindahan serta aktivitas pertanian menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Salah satu desa yang sedang mengalami perkembangan pesat dalam bidang agrowisata adalah Desa Bhuana Jaya Jaya yang terletak di kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara.

Potensi Wisata di Desa Bhuana Jaya Jaya

Desa Bhuana Jaya Jaya memiliki beragam potensi wisata yang menarik minat wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Beberapa potensi wisata yang dimiliki oleh desa ini antara lain:

1. Pemandangan alam yang indah

Desa Bhuana Jaya Jaya dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau dan bukit-bukit yang mempesona. Pemandangan alam yang indah ini memberikan kesan yang menenangkan dan menarik bagi para pengunjung yang ingin melarikan diri dari kehidupan perkotaan yang sibuk.

2. Kegiatan pertanian tradisional

Desa Bhuana Jaya Jaya memiliki ladang-ladang pertanian yang subur, di mana wisatawan dapat berpartisipasi dalam kegiatan pertanian tradisional seperti menanam padi, memanen sayuran, merawat ternak, dan mengendarai kereta sapi. Hal ini memberikan pengalaman berharga bagi para pengunjung yang ingin belajar dan memahami kehidupan di pedesaan.

3. Kuliner tradisional

Desa Bhuana Jaya Jaya juga terkenal dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan khas seperti nasi jagung, pindang patin, lontong balam, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat mencicipi minuman tradisional seperti tuak atau arak.

Peningkatan Infrastruktur dan Aksesibilitas

Untuk meningkatkan potensi agrowisata di Desa Bhuana Jaya Jaya, pemerintah setempat telah melakukan berbagai upaya, terutama dalam hal infrastruktur dan aksesibilitas. Beberapa langkah yang telah diambil antara lain:

1. Peningkatan jalan dan transportasi

Pemerintah telah melakukan perbaikan dan peningkatan jalan menuju Desa Bhuana Jaya Jaya. Selain itu, juga telah disediakan transportasi umum yang memudahkan para wisatawan untuk mencapai desa ini. Dengan adanya infrastruktur yang baik, diharapkan wisatawan dapat mengakses desa dengan mudah dan nyaman.

2. Pembangunan wisatawan

Untuk menarik minat wisatawan, pemerintah juga melakukan pembangunan fasilitas wisata yang memadai di Desa Bhuana Jaya Jaya. Beberapa fasilitas yang telah disediakan antara lain penginapan, restoran, tempat parkir, dan tempat bermain bagi anak-anak. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan pengunjung dapat merasa nyaman dan betah berlama-lama di desa ini.

3. Pelatihan dan pendidikan

Pemerintah juga memberikan pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat setempat mengenai bagaimana mengelola agrowisata dengan baik. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan masyarakat dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para wisatawan.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa saja aktivitas agrowisata yang dapat saya lakukan di Desa Bhuana Jaya Jaya?

Di Desa Bhuana Jaya Jaya, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas agrowisata seperti berkebun, memetik buah, menanam padi, memanen sayuran, dan merawat ternak.

2. Bagaimana cara menuju Desa Bhuana Jaya Jaya?

Desa Bhuana Jaya Jaya dapat diakses melalui berbagai moda transportasi. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil, atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi.

3. Berapa biaya masuk untuk mengunjungi Desa Bhuana Jaya Jaya?

Biaya masuk untuk mengunjungi Desa Bhuana Jaya Jaya dapat bervariasi tergantung dari paket wisata yang Anda pilih. Biasanya harga tiket masuk berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 per orang.

4. Apakah ada penginapan di Desa Bhuana Jaya Jaya?

Ya, di Desa Bhuana Jaya Jaya terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pilih. Anda dapat memesan kamar melalui agen perjalanan atau melakukan reservasi secara langsung dengan pengelola penginapan.

5. Apa saja makanan khas yang dapat saya cicipi di Desa Bhuana Jaya Jaya?

Beberapa makanan khas yang dapat Anda cicipi di Desa Bhuana Jaya Jaya antara lain nasi jagung, pindang patin, lontong balam, dan tuak atau arak sebagai minuman tradisional.

6. Apa manfaat dari pengembangan agrowisata di desa?

Pengembangan agrowisata di desa memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, melestarikan budaya dan tradisi pertanian, serta mengedukasi wisatawan tentang pertanian dan kehidupan di pedesaan.

Kesimpulan

Pengembangan agrowisata di Desa Bhuana Jaya Jaya memiliki potensi yang cukup besar untuk menarik minat wisatawan. Dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki, serta meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas, diharapkan desa ini dapat menjadi tujuan wisata yang populer di Kalimantan Timur. Dengan mengunjungi desa ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam, belajar tentang kehidupan di pedesaan, dan menikmati kuliner tradisional yang lezat.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

https://slot-server-thailand.smkn1warungasem.sch.id/

https://frappeposadas.com.ar/wp-includes/elangwin/

depo 25 bonus 25

elangwin

https://smkn2jepara.sch.id/wp-includes/js/depo25-bonus25/

https://smkn2jepara.sch.id/wp-includes/js/joker123/

https://smkn2jepara.sch.id/wp-includes/js/garansi-kekalahan-100/

https://smkn2jepara.sch.id/wp-includes/js/mahjong-slot/

slot kamboja

slot deposit pulsa

bonus new member

lucky neko

aztec slot

mahjong slot

slot bet 100

slot gatotkaca

slot zeus

nexus slot

slot pulsa

slot vietnam

nexus slot

nexus slot

slot777

slot777

bonus new member