PTPK

Laporan PTPK yang disampaikan oleh Ibu Susilowati,A.Md

KATA SAMBUTAN

Bismillahirrohmannirrohim,

Yth. Bapak Camat Tenggarong Seberang beserta Jajarannya.

Yth. Saudara Ketua BPD beserta Anggota BPD Bhuana Jaya.

Yth. Saudara Ketua LPM Desa Bhuana Jaya.

Yth. Saudara Pemuka Agama Desa Bhuana Jaya.

Yth. Tokoh Masyarakat Desa Bhuana Jaya.

Yth. Hadirin yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu pangkat dan jabatannya.

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Pimpinan dan Anggota BPD serta hadirin yang terhormat,

Mengawali Pidato Pengantar Laporan Keterangan Pertangggungjawaban Kepala Desa Bhuana Jaya Tahun 2017 atas Pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2016 sekaligus merupakan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa ( LPPD Tahun 2016 ) Saya mengajak kita sekalian untuk menundukkan kepala, seraya mengangkat hati dan menaikkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena atas karunia hidayah dan nikmat kesehatan dari-Nya jualah kita dapat berkumpul dalam kegiatan pada hari ini.

Saya atas nama Pemerintah Desa Bhuana Jaya, menghaturkan ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah menyempatkan waktu untuk melangkahkan kaki ke BPU Desa Bhuana Jaya guna memenuhi undangan Kami.

Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Kepala Desa Bhuana Jaya Tahun 2016 kepada masyarakat Desa Bhuana Jaya melalui Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Bhuana Jaya ini, merupakan kewajiban Kami selaku Kepala Desa Bhuana Jaya dalam rangka transparansi Pemerintah Desa selama Tahun 2016 serta merupakan bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi Pemerintah Desa meliputi pelaksanaan tugas-tugas umum Pemerintahan, Pembangunan, Kemasyarakatan, Pelayanan serta Pemberdayaan Masyarakat selama kurun waktu satu tahun yaitu Tahun 2016.

Di samping itu, LKPJ ini disampaikan untuk memenuhi surat Pimpinan BPD Bhuana Jaya Nomor 02/ BPD-BJ / I / 2017 Tanggal  06 Januari 2017, yang mewajibkan kepada Kepala Desa untuk segera menyampaikan LKPJ akhir Tahun 2016. Sambutan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari materi dan lampiran LKPJ dan selanjutnya akan kami serahkan kepada BPD Bhuana Jaya, Bapak Camat Tenggarong Seberang dan Ibu Bupati Kutai Kartanegara di Tenggarong.

sesaat sebelum penyampaian LKPJ

sesaat sebelum penyampaian LKPJ

 

Hasil-hasil penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, Kemasyarakatan, Pelayanan serta Pemberdayaan Masyarakat selama kurun waktu Tahun 2016, akan kita cermati bersama dalam penjelasan selanjutnya. Pada dasarnya hasil-hasil yang telah dicapai oleh Pemerintahan Desa bersama Masyarakat Desa Bhuana Jaya selama Tahun 2016 merupakan akumulasi dari hasil pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dari tahun-tahun sebelumnya dan mekanisme pelaksanaannya menggunakan Rencana Pembangunan Tahunan Desa /RKP yang merujuk pada Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJMDes ) yang dilakukan secara Partisipatif, Sinergis, Koordinatif, Transparan, Akuntabel dan Berkelanjutan melalui pemanfaatan Potensi, Peluang, serta melihat Kelemahan dan Tantangan yang dihadapi dalam pembangunan.

Pimpinan dan Anggota BPD serta Hadirin yang berbahagia,

Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Desa ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada Badan Permusyawaratan Desa atau BPD yang merupakan perwakilan dari Masyarakat Desa tentang Pemerintahan, Pembangunan, Kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Bhuana Jaya selama kurun waktu satu tahun, yaitu dari Januari sampai Desember 2016. Penting disadari bahwa hasil yang dicapai merupakan kerja keras semua pihak, baik Pemerintahan Desa Bhuana Jaya maupun seluruh komponen pembangunan yang ada di Desa Bhuana Jaya, sementara itu yang belum berhasil dilihat sebagai tantangan untuk diatasi di masa yang akan datang.

Penyampaian Sambutan Kepala Desa yang diwakili Kasi Perencanaan sdr. Heriansyah

Penyampaian Sambutan Kepala Desa yang diwakili Kasi Perencanaan sdr. Heriansyah

Semangat Otonomi Desa tercermin dengan upaya Pemerintahan Desa mengatur dan mengurus rumah tangga Desa dengan asas musyawarah dan mufakat serta mengedepankan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam membangun Desa. Pungutan Desa yang dikenakan kepada masyarakat pada dasarnya wujud dari keiikutsertaan masyarakat dalam membiayai pelaksanaan kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Desa.

 

Sejak Peraturan Desa No. 3 tentang Standar prosedur Pungutan Desa Tahun 2015 berlaku efektif, pelaksanaan kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Desa Bhuana Jaya dapat dikatakan meningkat jika dibandingkan dengan keadaan sebelum Tahun itu. Hal ini terlihat jelas dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam membayar pungutan Desa dan memberikan Sumbangan kepada Desa, yang tergambar pada Pendapatan Desa yang berasal dari Pendapatan Asli Desa untuk Tahun 2015 berjumlah Rp. 9.534.790,- sedangkan untuk Tahun 2016 sebesar Rp.15.900.000,- atau meningkat sebanyak 59,9 %.

Melalui kesempatan ini, atas nama Pemerintah Desa Bhuana Jaya, Saya menghaturkan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah memberikan bantuan atau mengalokasikan kepada Desa Bhuana Jaya dari APBD Kabupaten Kutai kartanegara melalui ADD sebesar Rp.1.207.772.815,- semula sejumlah Rp.1.684.865.283,- terjadi penyusutan sebesar Rp. 477.092.468,- yang disebabkan terjadinya defisit anggaran di pertengahan Tahun sehingga disusun APBD Perubahan, Alhamdulillah disaat terjadinya defisit Anggaran Pemerintah Kabupaten meluncurkan Bantuan Keuangan guna menopang Penghasilan Tetap dan Operasional sejumlah RP. 275.632.883,-  Juga terima kasih kepada masyarakat Desa Bhuana Jaya yang telah membayar Pungutan Desa dan yang memberikan Sumbangan kepada Desa, semoga amalnya diterima Allah SWT. Amin.

Tiada gading yang tak retak begitu pula selama Saya beserta Aparat Desa dalam melaksanakan tugas tentunya tak lepas dari kesalahan dan kekhilafan, dan kami mohon agar dibukakan pintu maaf dan selanjutnya mari kita membangun Desa Bhuana Jaya dengan semangat kebersamaan.

Mengakhiri sambutan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota BPD Bhuana Jaya yang telah bermusyawarah dan bekerja sama selama ini, semoga apa yang telah kita buat bersama akan membawa Desa kita ke arah kemajuan yang lebih baik di masa yang akan datang dan memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Bhuana Jaya.

Wabillahitaufik Wal Hidayah

Wassalamualaikum Warohmatullahiwabarokatuh

 

Bhuana Jaya, 07 Maret 2017

Kepala Desa Bhuana Jaya

Kecamatan Tenggarong Seberang

 

M A U L A N A

Ketua BPD. Suhuri A.Md.Hut menyampaikan Pandangan Umum

Ketua BPD. Suhuri A.Md.Hut menyampaikan Pandangan Umum

Tanggapan dan arahan dari Komisi I dan II yang disampaikan oleh Bapak Eko Swito

Tanggapan dan arahan  BPD dari Komisi I dan II yang disampaikan oleh Bapak Eko Swito